Monday, March 2, 2020

10 Keuntungan kayu yang dikeringkan


Kayu yang dikeringkan mempunyai banyak keuntungan daripada kayu yang tidak dikeringkan. Keuntungan kayu yang dikeringkan antara lain adalah:

1) Berat kayu akan berkurang, sehingga biaya pengangkutan berkurang.
2) Penyusutan yang menyertai pengeringan terjadi sebelum kayu digunakan sebagai produk akhir. Perubahan kadar air seimbang yang kecil akan meminimumkan penyusutan dan pengembangan kayu dalam pemakaiannya sebagai produk akhir sehingga mencegah retak dan pecah yang mungkin terjadi
3) Hampir semua sifat mekanika kayu kekuatannya akan lebih baik. Kemampuan pukul (impact bending) kayu yang sudah dikeringkan akan sama atau sedikit lebih kecil dibanding kayu basah. Keadaan ini disebabkan karena kayu sudah dikeringkan mempunyai jumlah massa dinding sel kayu yang lebih besar dan lebih banyak dibanding kayu basah pada volume yang sama .
4) Umur pakai kayu akan bertambah karena kemungkiman serangan mikrobia pembusuk dan cendawan penyebab noda akan sulit hidup pada kayu dengan kadar air dibawah 20% .
5) Kayu yang dikeringkan mempunyai daya tahan yang lebih baik terhadap serangan serangga perusak kayu .
6) Kekuatan sambungan sambungan yang terbuat dari paku dan baut akan lebih besar pada kayu kering daripada kayu basah.
7) Kayu yang sudah dikeringkan mempunyai sifat lebih baik untuk perekatan dan penggunaan akhir .
8) Kayu yang sudah dikeringkan mempunyai sifat lebih baik untuk perlakuan bahan kimia, pengawet dan penghambat kebakaran.
9) Kayu yang sudah dikeringkan lebih mudah diperlakukan dengan menggunakan mesin, misalnya untuk dipotong pada ukuran yang tepat dengan permukaan yang halus.
10) Kayu yang sudah dikeringkan mempunyai sifat isolasi listrik dan isolasi panas yang lebih baik daripada kayu basah.

No comments:

Post a Comment